Paintball adalah Permainan perang-perangan, menggunakan senjata semi otomatis bertenagakan CO2 yang menggunakan bola cat (Paintball) sebagai peluru. Permainan ini termasuk kategori beresiko tinggi (high impact outbound), namun permainan ini juga sangat menyenangkan dan sangat aman selama pemain mematuhi semua peraturan di dalamnya.

Sebelum memulai permainan, instruktur akan memberikan penjelasan atau breafing mengenai perlengkapan, jenis permainan, peraturan dan standard keamanan kepada pemain.
Breafing ini sangat penting agar setiap pemain paham dan mengerti semua peraturannya, dan yang terutama adalah pemain dapat selalu memperhatikan standard keamanan permainan Paintball.

PERLENGKAPAN YANG UMUM DIGUNAKAN DALAM PERMAINAN PAINTBALL.

Goggle (Pelindung Wajah)
Goggle berfungsi untuk melindungi bagian wajah, terutama bagian mata. Dalam permainan, Goggle dilarang dibuka di dalam arena pertempuran selama permainan sedang berlangsung dalam kondisi apapun, jika seorang pemain ingin membuka Goggle harus keluar terlebih dahulu dari arena pertempuran. Goggle dirancang bagi kamu pengguna kacamata, kamu masih bisa mengenakan kacamata saat memakai Goggle.

Senjata Paintball
Senjata yang digunakan adalah senjata semi automatis (satu tembakan hanya satu peluru yang keluar tanpa perlu ). Jarak efektif senjata ditembakkan adalah 10-15 meter, lebih dari itu peluru akan melayang, dan jarak aman menembak ke arah musuh (orang lain) adalah 5 meter.

Body Protector
Body Protector atau Rompi Pelindung adalah alat pelindung bagian dada, perut, dan pinggang belakang yg digunakan untuk mengurangi rasa sakit bila terkena peluru bola cat.

Seragam
Fungsinya untuk melindungi seluruh bagian tubuh dengan bahannya yang tebal. Juga sebagai penanda kamu ada di tim mana.

PERATURAN PERMAINAN PAINTBALL
Selalu mengenakan safety Goggle, tidak boleh dibuka di dalam arena pertempuran selama pertempuran masih berlangsung, jika ada pemain yang membuka atau melepas maka seluruh tim akan didiskualifikasi.
Tidak boleh menembak lawan kurang dari 5 meter. Jika ada dua pemain yang bertemu di tengah arena pertempuran dengan jarak yang terlalu dekat maka wasit akan memecah mereka, minimal mereka akan diperintahkan mundur satu barikade.
Jika wasit menghentikan permainan atau permainan telah selesai tidak ada yang menembakkan senjatanya, selalu memposisikan senjata dalam keadaan terkunci.
Tidak menembak bagian belakang kepala, karena bagian belakang kepala adalah bagian yang tidak terlindungi oleh Goggle.
Tidak menembak wasit dan penonton di luar arena.
Pemain dinyatakan mati jika tertembak dan pelurunya pecah, jika peluru tidak pecah pemain masih bisa terus melakukan pertempuran. Bagian dari pemain yang dinyatakan sah tertembak adalah seluruh bagian tubuh dan juga senjata (dalam jenis permainan tertentu)
Selalu mematuhi instruksi wasit permainan.
Ingat, Safety always come first.

JENIS PERMAINAN PAINTBALL
Permainan Paintball saat ini sudah banyak dimodifikasi. Semua disesuiakan dengan kebutuhan para pemain. Jenis permainan yang sering dimainkan dalam permainan Paintball adalah permainan kompetisi, permainan ini dituntut kecepatan, kerjasama dan komunikasi efektif.

TERMINATOR
Pemenang ditentukan dari jumlah pemain tertembak dalam satu tim, tim yang paling banyak kena tembakan adalah tim yang kalah. Durasi permainan 2 X 5 menit.

CAPTURE THE FLAG
Misi setiap tim adalah merebut bendera musuh. Pemenang adalah tim yang pertama berhasil merebut bendera musuh. Dalam permainan ini pemain yang terkena tembakan akan dinyatakan gugur dan langsung keluar arena pertempuran dengan mengangkat senjatanya ke atas.

SHOOT THE CAPTAIN
Misi setiap tim adalah mempertahankan kaptennya dan berusaha menembak kapten tim musuh. Apabila kaptennya tertembak otomatis tim tersebut dinyatakan kalah. Tim musuh tidak tahu siapa kaptennya di antara pemain tim kita, hanya tim kita yang tahu setelah berunding dan ditunjuk siapa yang menjadi kapten.

MANFAAT PERMAINAN PAINTBALL
Tidak hanya senang-senang saja yang bisa kita dapatkan dalam permainan Paintball. Adapun manfaat yang kita peroleh adalah sebagai berikut.

Mengembangkan kemampuan kepemimpinan.
Menyiapkan pemimpin dalam menyusun gagasan
Melatih membuat strategi untuk mencapai tujuan tim.
Mengkomunikasikan strategi kepada tim.
Menggerakkan seluruh anggota tim kepada tujuan bersama.
Meningkatkan kemampuan membuat perencanaan.
Menganalisa kondisi lingkungan atau medan kerja.
Membangun kedisiplinan, keberanian dan kerjasama tim (teamwork).

Rencanakan kegiatanmu bersama teman dan keluarga, dan dapatkan harga permainan Paintball spesial dari kami :